Selasa, 26 Februari 2013

MODERNISASI DAN GLOBALISASI
Modernisasi
Pengertian modernisasi menurut beberapa ahli adalah:
1. Alex Inkeles : modernisasi adalah sikap – sikap tertentu yang menandai manusia dalam setiap masyarakat modern.
2. Astrid S.Susanto : modernisasi adalah proses pembangunan yang diberikan oleh perubahan demi kemajuan
3. Oghburn dan Nimkoff : modernisasi tidak sama dengan reformasi yang menekankan pada factor – factor rehabilitasi. Modernisasi bersifat preventif dan konstruktif
4. Soerjono Soekanto : modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial yang biasanya merupakan perubahan sosial yang terarah (directed change) yang didasarkan pada suatu perencanaan yang disebut sosial planning
5. J.W. Schoorl : modernisasi merupakan penggantian teknik produksi dari cara – cara tradisional ke cara-cara yang tertampung dalam pengertian revolusi industri.
Ciri-ciri modernisasi :
  • Perubahan cara berpikir masyarakat menjadi cara berpikir yang ilmiah.
  • Perubahan sistem pemerintahan suatu negara atau masyarakat.
  • Munculnya sentralisasi wewenang dalam kehidupan sosial.
  • Perubahan yang menuju kemajuan.
  • Memiliki sikap hidup yang menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan.
Globalisasi 
Pengertian Globalisasi menurut beberapa ahli adalah :
1. Selo Soemardjan : globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia.
2. Menurut Anthony Giddens (1989), proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia dinamakan dengan globalisasi. Ditandai oleh kesenjangan tingkat kehidupan antara masyarakat industri dan masyarakat dunia ketiga(yang pernah dijajah Barat dan mayoritas hidup dari pertanian)
3. Ahmad Suparman : Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu(benda/perilaku) sebagai ciri dari setiap individu didunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.
4. Scholte : Globalisasi diartikan sebagai meningkatkanya hubungan internasional dalam hal ini masing-masing Negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.


Ciri-ciri Globalisasi
1.Perubahan dalam konsep ruang dan waktu yang diakibatkan oleh perkembangan telepon genggam,televisi satelit dan internet.
2.Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung satu negara dengan negara lain
3.Peningkatan interaksi budaya antar negara melalui media massa
4.Munculnya masalah global yang menuntut dunia mengatasi masalah tersebut secara bersama.
KESIMPULAN
Dilihat dari definisi diatas modernisasi dapat dilihat sebagai suatu perubahan fisik yaitu cara – cara tradisional kearah modern atau penggunaan teknologi atau mesin serta dari pola pikir yaitu pola pikir tradisional menjadi pola pikir rasional,praktis dan efisien
Dilihat dari definisi diatas globalisasi dapat dilihat sebagai proses terbentuknya sistem organisasi dankomunikasi antarmasyarakat yang saling ketergantungan yang ditandai oleh kesenjangan tingkat kehidupan antara masyarakat industri dan masyarakat dunia ketiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar